PIDATO(Ujian praktek bahasa indonesia SMA Kr.2 BINSUS Tomohon)

“PIDATO”

Hendrina Angela Mandey

XII IPA 2

Yang saya hormati Ibu Masye Pangemanan dan Bapak Ferly Rau selaku tim penilai. Pertama-tama patutlah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmatnyalah kita dapat dikumpulkan ditempat ini dengan tidak kurang suatu apapun. Pada saat ini izinkanlah saya Angela Mandey kelas XII Ilmu Alam 2 untuk membawakan pidato dengan judul

“Kepedulian Remaja akan kelestarian Lingkungan”

Bapak Ibu guru yang saya hormati….

Remaja adalah sosok yang memiliki usia masih tergolong sangat muda. Sebuah usia yang potensial dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup yang kini semakin rusak. Sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.

Perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi.

Bapak Ibu guru yang saya hormati….

Agar remaja bisa terlibat aktif dalam menjaga kelestarian alam, remaja harus dibekali dengan tentang pengetahuan, kesadaran dan ketrampilan tentang bagaimana menjaga kelesatrian alam. Dengan memulai dari suatu hal yang paling kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya. Apabila setiap remaja memiliki kesadaran diri dan rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan, saya yakin bahwa lingkungan hidup kita akan bersih.

Banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan melibatkan remaja dalam kegiatan Bakti Sosial (BakSos). Mulai dari langkah-langkah untuk menjaga kebersihan, tata cara pelestarian serta manfaat-manfaat dari lingkungan yang bersih.

Bapak Ibu guru yang saya hormati….

Adapun remaja yang memiliki kreatifitas tinggi, dapat memanfaatkan sampah dan mengubahnya menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Namun saat ini pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa sampah sekalipun bisa menghasilkan rupiah?

Untuk itu marilah kita menjaga lingkungan dengan cara 3D : Dimulai dari yang kecil, Dimulai dari diri sendiri dan Dimulai dari sekarang.

Sekian pidato dari saya,  mohon maaf jika ada salah kata.

TUHAN MEMBERKATI

Tags: , ,

About aangmandey

juusan

Leave a comment